Kompas.com - 12/08/2012, 16:38 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

KOTA KINABALU, KOMPAS.com- Menlu Malaysia Anifah Aman meminta ASEAN kompak dalam berhadapan dengan China terkait sengketa Laut China Selatan. Konfrontasi terkait sengketa wilayah seharusnya bisa dihindari.

Hal itu dikatakan Aman seusai bertemu dengan Menlu China, Yang Jiechi, di Kota Kinabalu, Minggu (12/8/2012). Sengketa wilayah Laut China Selatan melibatkan Malaysia, Filipina, Brunai Darussalam, Vietnam, Taiwan, dan China.

Dalam beberapa tahun terakhir, China makin bersikeras menekankan bahwa negara tirai bambu ini adalah pemilik wilayah yang sah. Vietnam dan Filipina adalah pihak yang paling keras menentang sikap China tersebut.

ASEAN yang selama ini relatif bersatu soal sengketa wilayah tersebut kini terkesan berjalan sendiri-sendiri. Diduga kuat kepentingan ekonomi dengan China telah melunturkan kekompakan ASEAN.

"Kita percaya sengketa ini bisa diatasi. China juga ingin mencari solusi terbaik," kata Aman. "Ada klaim tumpang tindih soal kepemilikan wilayah tetapi sebaiknya sesama ASEAN bicara terlebih dahulu sebelum berhadapan bersama dengan China," katanya.

Dalam pertemuan di Phnom Penh Juli lalu ASEAN juga tidak berhasil dicapai kesepakatan soal penanganan sengketa Laut China Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.