Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Minta ASEAN Kompak Hadapi China

Kompas.com - 12/08/2012, 16:38 WIB
Simon Saragih

Penulis

KOTA KINABALU, KOMPAS.com- Menlu Malaysia Anifah Aman meminta ASEAN kompak dalam berhadapan dengan China terkait sengketa Laut China Selatan. Konfrontasi terkait sengketa wilayah seharusnya bisa dihindari.

Hal itu dikatakan Aman seusai bertemu dengan Menlu China, Yang Jiechi, di Kota Kinabalu, Minggu (12/8/2012). Sengketa wilayah Laut China Selatan melibatkan Malaysia, Filipina, Brunai Darussalam, Vietnam, Taiwan, dan China.

Dalam beberapa tahun terakhir, China makin bersikeras menekankan bahwa negara tirai bambu ini adalah pemilik wilayah yang sah. Vietnam dan Filipina adalah pihak yang paling keras menentang sikap China tersebut.

ASEAN yang selama ini relatif bersatu soal sengketa wilayah tersebut kini terkesan berjalan sendiri-sendiri. Diduga kuat kepentingan ekonomi dengan China telah melunturkan kekompakan ASEAN.

"Kita percaya sengketa ini bisa diatasi. China juga ingin mencari solusi terbaik," kata Aman. "Ada klaim tumpang tindih soal kepemilikan wilayah tetapi sebaiknya sesama ASEAN bicara terlebih dahulu sebelum berhadapan bersama dengan China," katanya.

Dalam pertemuan di Phnom Penh Juli lalu ASEAN juga tidak berhasil dicapai kesepakatan soal penanganan sengketa Laut China Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com