Kompas.com - 12/08/2012, 13:05 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Hidangan bento ala Jepang sebagai menu berbuka puasa bisa menjadi pilihan Anda. Tak sekedar bento, di restoran Miyama, bento disajikan dengan mewah.

Sesuai tema bulan Ramadhan, melengkapi bento adalah takjil berupa kolak pisang dan kurma. Ada empat menu bento yang ditawarkan. Bedanya hanya di lauk utama.

Penggemar hidangan laut, boleh pilih bento Tempura dan Salmon. Pilihan lain adalah lauk dari bahan daging sapi atau ayam.

Nasi dan salad sudah pasti tersedia dalam paket bento. Selebihnya adalah miso soup, buah, asinan, dan teh. Saat disajikan, paket bento seketika memenuhi meja. Ya, bento ini begitu lengkap mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup.

Sebagai hidangan pembuka adalah miso soup atau sup miso khas Jepang yang terbuat dari pasta kacang kedelai dengan sentuhan rumput laut dan tahu Jepang yang lembut.

Sangat pas disantap hangat setelah menimati manisnya kolak dan kurma sebagai takjil berbuka puasa. Perut yang kosong setelah puasa pun menjadi hangat dengan miso soup.

Lanjutkan dengan hidangan utama yaitu nasi pulen dengan lauk pilihan Anda. Jika Anda lebih suka menyantap seafood, pilihan jatuh ke tempura atau salmon. Namun, coba pilih bento Salmon Harasu Teriyaki.

Salmon bagian perut yang berlemak dipanggang dan diberi bumbu teriyaki khas Jepang. Di bagian kulit terasa agak garing, sementara daging salmonnya begitu lembut. Tekstur salmon yang halus seakan meleleh di mulut dan beradu pas dengan gurihnya bumbu yang meresap ke dalam salmon.

Bila Anda penggemar gorengan, tentu saja pilihan jatuh ke tempura. Udang dengan ukuran besar dicelupkan ke tepung tempura dan digoreng. Renyah tepung di luar, sementara di dalamnya adalah udang yang lembut dan manis karena kesegarannya.

Jangan lupa dicocol ke saus tenstuyu yang asin, rasa tempura pun semakin enak karena berkolaborasi antara halus rasa manis udang dengan asin kecap. Selain udang, ada terung dan sayuran lain yang juga digoreng dengan balutan tepung tempura.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X