Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buktikan, Kepribadian Anda Tergambar di Kamar Mandi!

Kompas.com - 12/08/2012, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Kepribadian pemilik rumah tentu tercermin dari rumah yang dihuninya. Lebih dalam lagi cermin kepribadian itu tergambar setelah melihat kamar mandinya.

Rumah secantik apapun, rasanya belum lengkap tanpa kamar mandi yang bersih dan sehat. Bagi Anda yang akan menyambut banyak tamu di hari raya Lebaran ini, ada baiknya tidak luput memperhatikan kebersihan kamar mandi. Untuk itu, berikut beberapa tips ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kamar mandi Anda:

Menghilangkan lumut

Kelembaban adalah penyebab utama munculnya lumut di kamar mandi. Umumnya, lumut muncul di sela-sela keramik sehingga keberadaannya sulit dibersihkan.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mencampurkan cairan pemutih pakaian dengan air. Perbandingannya 1 untuk cairan pemutih dan 4 untuk air. Siramkan campuran larutan tersebut ke tempat berlumut, lalu sikat segera dengan sikat gigi.

Ulangi langkah itu sampai lumur benar-benar hilang. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan.

Untuk lantai kamar mandi yang berlumut, Anda juga dapat menebarkan bubuk kaporit secara tipis-tipis dan merata ke lantai kamar mandi. Biarkan selama setengah jam. Setelah muncul buih-buih yang menandakan kerak lumut sudah terangkat, segera Anda siram dengan air bersih dan gosok dengan air sabun.

Bak mandi dan bathtub

Untuk bak mandi berbahan porselen, Anda dapat menggunakan citrun, yaitu bahan tambahan untuk membuat es. Caranya, masukkan citrun ke dalam bak mandi yang telah diisi penuh, kira-kira sebanyak lima sendok makan untuk satu meter kubik air.

Selanjutnya, aduk hingga citrun bercampur dengan air. Biarkan semalaman, dan kuras bak mandi keesokan harinya. Kotoran di bak mandi akan luntur dengan sendirinya.

Namun, jika memiliki bathtub dan dinding bathub terlihat kotor akibat sisa-sisa busa sabun yang menempel, Anda dapat menyemprotkan cairan pencuci piring ke seluruh bagian dinding bathtub. Gosok-gosok dengan spons lembut hingga kotoran terangkat, lalu bilas dan keringkan dengan lap.

Noda membandel

Noda membandel di kamar mandi dapat Anda bersihkan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan HCL atau asam klorida. Hati-hati, cairan ini adalah bahan kimia berbahaya!

Sebaiknya, Anda memastikan aliran udara di kamar mandi Anda mengalir dengan baik saat melakukan pekerjaan ini. Anda juga sebaiknya melindungi tangan Anda dengan sarung tangan karet yang tebal.

Gosokkan kain di tempat bernoda, lalu diamkan sebentar. Setelah itu, amplas menggunakan amplas cat duco. Setelah itu, baru Anda bersihkan dengan sabun dan air.

Hilangkan bau

Bau di kamar mandi biasanya terjadi karena kloset yang berbau tidak enak. Untuk menetralisir bau kloset, Anda bisa menggunakan sisa ampas kopi yang telah Anda minum. Buang sisa kopi tersebut ke kloset yang bau. Setelah membuang kopi di kloset, kloset tidak lagi menjadi sumber masalah.

(Sumber: 200 Ide Kreatif Seputar Rumah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com