Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Pilih Paul Ryan sebagai cawapres

Kompas.com - 11/08/2012, 21:50 WIB

Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Mitt Romney, memilih anggota Kongres, Paul Ryan, sebagai calon wakil presiden.

"Pilihan Mitt untuk wakil presiden adalah Paul Ryan. Sebarkan kabar ini," demikian pengumuman yang diterbitkan melalui aplikasi kampanye Romney, Sabtu (11/8/2012).

Banyak kalangan mengatakan pemilihan ini tidak mengejutkan karena nama Ryan, yang mengepalai komite anggaran di DPR AS, telah ramai disebut.

Ryan adalah anggota DPR dari Wisconsin dan berusia masih relatif muda, 42 tahun.

Wartawan BBC di Amerika Serikat, Mark Mardell, mengatakan pengangkatan Ryan sebagai cawapres Republik adalah langkah yang berani.

Sebagai ketua komisi anggaran, Ryan dipandang bisa meningkatkan derajat keterpilihan Romney karena Ryan dikenal sebagai calon yang paham tentang masalah-masalah ekonomi seperti lapangan pekerjaan dan defisit anggaran.

Masalah-masalah ini diperkirakan akan mendominasi kampanye pilpres AS tahun ini.

Ryan juga dikenal sebagai politikus konservatif tulen dan faktor ini bisa menarik pemilih tradisional Republik yang selama ini meragukan garis ideolologis Romney, yang dianggap lebih liberal.

Kubu Romney berharap selama kampanye citra Romney sebagai warga kelas atas dan tidak memahami isu-isu yang dihadapi warga kebanyakan akan hilang.

Romney-Ryan akan menghadapi calon petahana dari Partai Demokrat, Barack Obama pada 6 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com