Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA dapat Pencerahan Antiperundungan

Kompas.com - 10/08/2012, 13:04 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 900 siswa SMA Negeri 99 Jakarta mendapat pencerahan untuk memiliki sikap antibullying (antiperundungan). Kegiatan ini untuk menyadarkan siswa soal bullying yang mulai merebak di sekolah-sekolah, baik yang dilakukan siswa, guru, maupun di keluarga.

"Kami ingin melakukan tindakan preventif supaya tindakan bullying tidak terjadi di sekolah. Pengetahuan ini penting untuk menyadarkan siswa dampak buruk bullying. Mereka juga nanti bisa jadi kritis supaya tindakan bullying tidak terjadi di sekolah oleh siapa pun, termasuk oleh guru," kata Indratmodjo, Wakil Kepala SMA Negeri 99 Jakarta Bidang Hubungan Masyarakat, di sela-sela seminar bertajuk "Kepribadian Karakter Bangsa dan Antibullying" bersama pesantren kilat untuk mewujudkan sikap berbudi pekerti luhur di SMA Negeri 99 Jakarta, Jumat (10/8/2012).

Kegiatan seminar kepribadian karakter bangsa dan antibullying ini didukung Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Narasumber yang dihadirkan dari para aktivis antibullying dari Yayasan Semai Jiwa Amini.

Pada kegiatan ini, para siswa menyaksikan pemutaran film soal tindakan bullying yang sering terjadi di lingkungan sekolah, baik yang dilakukan siswa terhadap siswa lainnya maupun yang dilakukan guru terhadap siswa. Termasuk juga, tindakan bullying yang sering terjadi dalam kegiatan masa orientasi siswa (MOS).

"Kami berharap pengetahuan antibullying ini dapat membuat siswa dan guru di sekolah kami sadar untuk bisa saling menghormati dan mendukung dengan perasaan yang penuh kasih sayang," ujar Indratmodjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com