Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Militer Besar-besaran

Kompas.com - 09/08/2012, 02:56 WIB

Kairo, Kompas - Militer Mesir, Rabu (8/8), menjalankan operasi militer besar-besaran di Semenanjung Sinai untuk mengejar kelompok militan yang diduga bertanggung jawab atas tewasnya 16 petugas penjaga perbatasan Mesir. Operasi itu melibatkan helikopter tempur Apache dan puluhan kendaraan lapis baja.

Operasi yang digelar Rabu dini hari itu mengincar sejumlah sasaran yang diduga menjadi tempat persembunyian kelompok bersenjata di sepanjang kawasan dari kota El Arish hingga perbatasan Mesir-Jalur Gaza sejauh 40 kilometer.

Beberapa kali suara ledakan keras terdengar di sekitar kota Sheikh Zuweid, yang terletak antara El Arish dan perbatasan Mesir-Jalur Gaza, khususnya di Desa Touma. Pasukan Mesir mengerahkan heli-heli Apache untuk menyerbu kota yang dikenal sebagai salah satu basis kaum militan di Semenanjung Sinai.

Sedikitnya 20 anggota kelompok bersenjata tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan pasukan Mesir itu. Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, dari Kairo, Mesir.

Beberapa jam sebelumnya, tepatnya pada Selasa malam, kelompok-kelompok bersenjata kembali menyerang tiga pos militer Mesir di sekitar kota El Arish, termasuk satu pos pemeriksaan di jalur jalan raya menuju Rafah di perbatasan Mesir-Jalur Gaza.

Kelompok bersenjata dilaporkan membuat perangkap di beberapa titik untuk menyergap pasukan Mesir. Mereka juga berusaha menembak jatuh helikopter tempur Mesir.

Sejumlah aparat keamanan dan prajurit Divisi II Angkatan Darat Mesir dilaporkan mengalami luka-luka dalam aksi saling serang itu.

Suasana di kawasan tersebut serta-merta menjadi seperti medan perang sejak Selasa malam hingga Rabu pagi. Namun, suasana dilaporkan berangsur-angsur tenang kembali, Rabu siang.

Ratusan warga kota El Arish, Rabu siang, turun ke jalan menggelar unjuk rasa meminta militer Mesir terus melancarkan serangan terhadap gembong-gembong kelompok militan di wilayah itu.

Kekuatan penuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com