Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bashar Al Assad Muncul di Televisi Suriah

Kompas.com - 08/08/2012, 07:48 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Tayangan televisi Suriah, Selasa (7/8/2012), memperlihatkan Presiden Bashar al-Assad mengadakan pertemuan dengan pejabat senior keamanan Iran, Saeed Jalili. Ini adalah kemunculan pertama Presiden Bashar di televisi pemerintah dalam beberapa pekan terakhir.

Presiden Assad terakhir kali terlihat di televisi pada 22 Juli lalu ketika ledakan bom menewaskan empat pejabat keamanan senior. Presiden Assad tampil di televisi sehari setelah Perdana Menteri Riyad Hijab membelot ke oposisi.

"Assad dan Jalili membahas hubungan bilateral antara Suriah dan Iran. Keduanya juga membahas situasi di kawasan," demikian laporan televisi Suriah. Sebelum bertemu Presiden Assad, Jalili mengatakan, hanya Suriah yang bisa mengakhiri konflik yang terjadi di negara tersebut.

Iran adalah sekutu terdekat Presiden Assad di kawasan.

Tuding Washington

Pemerintah Iran mengatakan, mereka akan menggelar pertemuan internasional tentang Suriah pada Kamis (9/8/2012). Iran juga mengatakan, mereka berupaya membebaskan 48 warga Iran yang disandera pemberontak di Suriah. Teheran menuduh Washington sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab atas penyanderaan ini.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hoseyn Amir-Abdollahian, menyalahkan Washington atas apa yang mereka sebut dukungan terbuka Amerika kepada kelompok-kelompok teroris. Iran mengatakan, orang-orang yang disandera tengah melakukan ziarah ke tempat suci Syiah di Damaskus.

Sementara itu Pemberontak Suriah menuduh ada anggota Garda Revolusi Iran di antara para peziarah. Menurut pemberontak, anggota Garda Revolusi Iran melakukan kegiatan mata-mata untuk Pemerintah Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com