Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Bom Meledak di Markas NATO

Kompas.com - 07/08/2012, 15:15 WIB
Kistyarini

Penulis

KABUL, KOMPAS.com — Sebuah truk berisi bom meledak di pangkalan militer NATO di selatan Kabul, Selasa (7/8/2012), dan melukai lebih dari 10 warga sipil, kata seorang polisi Afganistan.

Seorang juru bicara Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) NATO membenarkan bahwa "terjadi satu ledakan di fasilitas ISAF di Provinsi Logar", tetapi belum ada laporan tentang korban dari tentara NATO.

"Sebuah truk penuh bom diledakkan di kamp tentara koalisi di (ibu kota provinsi) Pule Alam," kata kepala polisi provinsi Logar, Ghulam Sakhi Rogh Lewanai.

"Sejauh ini kami mendapat informasi bahwa 12 warga sipil terluka," katanya.

Kelompok Taliban sudah mengakui serangan tersebut. "Pada sekitar pukul 09.00 pagi, salah seorang mujahid kami melakukan serangan bom bunuh diri dengan truk di sebuah kamp besar tentara AS yang menyebabkan banyak orang tewas dan terluka," kata juru bicara Taliban, Zabiullah Muhajid, dalam sebuah pesan singkat (SMS) yang diterima AFP.

Beberapa jam sebelumnya, sebuah bom Taliban meledak dan menewaskan delapan orang serta melukai lima orang lainnya. Bom itu menghantam sebuah minibus di pinggiran kota Kabul, kata polisi.

ISAF, yang memiliki 130.000 tentara di Afganistan, mengakui adanya peningkatan serangan di wilayah sekitar Kabul dalam beberapa bulan terakhir, sejak Taliban menyatakan memulai serangan musim panas tahunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com