Kompas.com - 06/08/2012, 20:47 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sempat berseteru berdarah, dua Sudan ---Sudan dan Sudan Selatan--- akhirnya meneken kerja sama pengolahan minyak dengan China. Bahkan, catat Xinhua pada Senin (6/8/2012), China meminta dengan tegas kepada Sudan Selatan untuk melindungi minyak buminya melalui kerja sama itu.

Di dalam kerja sama itu, kedua Sudan akan saling berbagi sumber-sumber minyak bumi. Perjanjian itu juga menyebutkan kalau Sudan Selatan bisa mengekspor minyaknya melalui pelabuhan Sudan. "China memberi penghargaan terwujudnya perjanjian itu," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Qin Gang di Beijing.

Tak hanya itu, China juga berpesan kepada Sudan Selatan agar kembali mencapai target produksi minyak mentahnya. "Sudan Selatan juga harus menormalisasikan pengangkutan minyak mentahnya," kata perjanjian itu.

Sebagaimana diketahui, kisruh soal minyak muncul lima bulan sejak Sudan Selatan memproklamasikan diri sebagai negara merdeka dari saudaranya, Sudan, pada Juli 2011.

Sudan merasa kalau Sudan Selatan mencuri sumber minyaknya. Hal sama menjadi tudingan Sudan Selatan.

Sejatinya, mayoritas sumber minyak ada di Sudan selatan. Tapi, negara itu tidak memiliki pelabuhan. Lantaran itulah, Sudan Selatan memerlukan pipa-pipa minyak untuk mengalirkan minyaknya ke pelabuhan di Sudan. Silang sengketa macam inilah yang akhirnya berkepanjangan hingga menyeret perkara garis demarkasi kedua negara. Perang pun sempat tak terelakkan.

China, menurut Qin Gang, memang memainkan peranan penting dalam mendinginkan suhu politik di kedua Sudan. Upaya bersama Uni Afrika itu akhirnya membuahkan hasil penting yang mengalirkan minyak tersebut ke China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.