Kompas.com - 06/08/2012, 20:44 WIB
Penulis Hindra Liauw
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta aparat keamanan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian untuk memberantas impor sapi ilegal. Tindakan membawa sapi masuk ke Indonesia secara diam-diam telah merugikan industri dalam negeri.

"Yang ilegal-ilegal harus kita berantas! Lakukan investigasi! Jangan membiasakan diri dengan yang ilegal-ilegal karena menyusahkan kita semua," kata Kepala Negara seusai memimpin rapat koordinasi di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (6/8/2012).

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen mengurangi impor sapi pada 2014. Pengurangan dilakukan secara bertahap. Pada 2011, Indonesia telah mengurangi 30 persen impor sapi.

Secara terpisah, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, dirinya telah memerintahkan direktur jenderal terkait serta badan karantina untuk membantu upaya pencegahan impor sapi ilegal. Suswono mengatakan, impor sapi ilegal yang dilakukan baru-baru ini berkaitan dengan perayaan Idul Fitri 2012. Pada saat ini, permintaan masyarakat atas daging sapi melonjak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.