Kompas.com - 06/08/2012, 18:31 WIB
Penulis Kistyarini
|
EditorKistyarini

BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang juru bicara pemberontak Suriah mengatakan bahwa sejumlah anggota kabinet Suriah telah membelot, termasuk perdana menteri.

Abdul Kassim, seorang pejabat senior di Tentara Pembebasan Suriah (FSA), mengatakan, Senin (6/8/2012), Perdana Menteri Riad Hijab telah membelot dan lari ke Jordania bersama tiga menteri lainnya. Namun Abdul Kassim tidak mengungkap identitas tiga menteri lainnya.

Hijab sendiri sudah mengumumkan pembelotannya dalam sebuah pernyataan tertulis yang dibacakan oleh juru bicaranya, Mohammed al-Otri, di televisi Al Jazeera, Senin.

"Hari ini saya mengumumkan pembelotan saya dari rezim teroris dan pembunuh dan mengumumkan bahwa saya telah bergabung dengan jajaran revolusi pembebasan dan martabat. Saya mengumumkan bahwa mulai hari ini, saya adalah tentara dari revolusi penuh berkah ini," demikian pernyataan Hijab.

Dalam pernyataannya, Hijab mengatakan dia membelot setelah "Suriah melalui kejahatan perang paling sulit, genosida, pembunuhan secara barbar, dan pembantaian warga sipil yang tidak bersenjata."

Menurut Otri, Hijab kini berada di "tempat aman" bersama keluarga. Hijab merupakan pejabat tertinggi Suriah yang meninggalkan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sebelumnya, televisi negara Suriah mengumumkan pemberhentian Riad Hijab sebagai perdana menteri, tapi tidak mengungkap alasan pemecatan itu. Wakil PM Omar Ghalawanji ditunjuk menggantikannya untuk sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.