Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Suriah: Saya Bergabung ke Oposisi

Kompas.com - 06/08/2012, 18:07 WIB
Kistyarini

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Suriah Riad Hijab mengumumkan pembelotannya dari rezim Presiden Bashar al-Assad dan bergabung dengan oposisi, kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi Al Jazeera, Senin (6/8/2012).

"Hari ini saya mengumumkan pembelotan saya dari rezim teroris dan pembunuh dan mengumumkan bahwa saya telah bergabung dengan jajaran revolusi pembebasan dan martabat. Saya mengumumkan bahwa mulai hari ini, saya adalah tentara dari revolusi penuh berkah ini," demikian pernyataan Hijab yang dibacakan atas namanya oleh seorang juru bicara.

Juru bicara itu mengatakan, Hijab kini berada di sebuah tempat yang aman.

Sebelumnya terjadi kesimpangsiuran tentang kondisi Hijab, menurut Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah yang berpusat di Inggris, Rami Abdel Rahman.

"Sejumlah sumber mengatakan dia sudah tiba di Jordania. Yang lain menyebut dia ditangkap sebelum berhasil keluar (dari Suriah)," ujar Abdel Rahman.

Dengan pembelotannya, Hijab merupakan pejabat tertinggi yang meninggalkan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sebelumnya, Senin (6/8/2012), televisi negara mengumumkan bahwa Hijab diberhentikan dari jabatannya dan digantikan untuk sementara oleh wakilnya, Omar Ghalawanji.

Menurut surat kabar milik negara, Tishrin, Hijab masih memimpin dua rapat di kementerian pemerintah daerah pada Minggu (5/8/2012). Rapat itu untuk membicarakan "langkah-langkah untuk membangun kembali wilayah yang sudah dibersihkan dari teroris bersenjata."

Tokoh berusia 46 tahun yang dikenal sebagai loyalis Partai Baath pimpinan Assad itu diangkat menjadi perdana menteri pada 6 Juni lalu, menyusul pemilu parlemen yang diboikot pada 7 Mei. Sebelumnya, dia merupakan menteri pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com