Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Suriah Membelot ke Oposisi

Kompas.com - 06/08/2012, 17:48 WIB
Kistyarini

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Suriah Riad Hijab telah membelot ke oposisi, kata Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah di Beirut, Senin (6/8/2012). Sebelumnya televisi pemerintah Suriah memberitakan, Hijab dipecat dari jabatannya, hanya dua bulan setelah ditunjuk.

"Riad Hijab sudah membelot dari rezim (Presiden Bashar al-Assad)," kata Rami Abdel Rahman, Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah, kepada AFP.

Jika klaim itu benar, Hijab merupakan pejabat tertinggi Suriah yang meninggalkan rezim Assad selama gerakan pemberontakan yang telah berlangsung selama 17 bulan ini.

Menurut kantor berita Reuters, yang mengutip seorang pejabat Jordania, Hijab dan keluarganya sudah membelot ke Jordania.

Sebelum menjadi perdana menteri, Hijab menjabat sebagai menteri pertanian. Dia juga dikenal sebagai seorang loyalis Partai Baath, pimpinan Bashar al-Assad. Dia menjadi PM sejak 23 Juni 2012.

Tidak ada penjelasan tentang alasan pemberhentian Hijab. Damaskus langsung menunjuk wakilnya, Omar Ghalawanji, untuk menggantikannya sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com