Kompas.com - 06/08/2012, 17:48 WIB
Penulis Kistyarini
|
EditorKistyarini

DAMASKUS, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Suriah Riad Hijab telah membelot ke oposisi, kata Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah di Beirut, Senin (6/8/2012). Sebelumnya televisi pemerintah Suriah memberitakan, Hijab dipecat dari jabatannya, hanya dua bulan setelah ditunjuk.

"Riad Hijab sudah membelot dari rezim (Presiden Bashar al-Assad)," kata Rami Abdel Rahman, Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah, kepada AFP.

Jika klaim itu benar, Hijab merupakan pejabat tertinggi Suriah yang meninggalkan rezim Assad selama gerakan pemberontakan yang telah berlangsung selama 17 bulan ini.

Menurut kantor berita Reuters, yang mengutip seorang pejabat Jordania, Hijab dan keluarganya sudah membelot ke Jordania.

Sebelum menjadi perdana menteri, Hijab menjabat sebagai menteri pertanian. Dia juga dikenal sebagai seorang loyalis Partai Baath, pimpinan Bashar al-Assad. Dia menjadi PM sejak 23 Juni 2012.

Tidak ada penjelasan tentang alasan pemberhentian Hijab. Damaskus langsung menunjuk wakilnya, Omar Ghalawanji, untuk menggantikannya sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.