Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibur Anak di Lebanon, Prajurit TNI Gelar Smart Car

Kompas.com - 06/08/2012, 09:42 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-F/UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon), menggelar operasional Mobil Pintar (Smart Car). Operasi Cmart Car itu untuk menghibur anak-anak Lebanon karena bertepatan dengan libur sekolah musim panas.

Berdasarkan siaran pers Pusat Penerangan Mabes TNI, Senin (6/8/2012) pagi, Mobil Pintar itu merupakan bantuan Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Mobil tersebut menggantikan mobil pintar lama yang juga sumbangan Ibu Negara tahun 2006 silam. Pengoperasian pertama mobil pintar ini digelar di Desa Samassa, Chebha, Lebanon Selatan, Minggu.

Menurut Dansatgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono, gelar mobil pintar terselenggara atas kerjasama Staf CIMIC (Civilian Military Coordination) Satgas Indobatt bekerjasama dengan Social Cultural Clube, Lebanon Selatan. pihaknya berharap, dengan datangnya bantuan mobil pintar baru ini, dapat membantu Satgas dalam pelaksanakan kegiatan CIMIC.

"Mudah-mudahan dengan fasilitas smart car yang baru ini dapat lebih mendekatkan kita dengan masyarakat Lebanon, khususnya melalui kegiatan belajar dan bermain bagi anak-anak mereka," ujarnya.

Pelaksanaan Mobil Pintar tersebut mendapat sambutan antusias anak-anak. Dengan ditemani orang tua, mereka berbondong-bondong mendatangi taman desa yang dijadikan tempat untuk menggelar aneka permainan.  Mobil pintar yang baru ini, dilengkapi dengan berbagai sarana permainan edukasi untuk anak-anak sekolah setingkat PAUD, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Adapun fasilitas yang ada antara lain, buku bacaan bahasa Ingris, buku gambar, buku mewarnai, buku-buku kebudayaan Indonesia, buku sejarah serta aneka permainan edukasi anak-anak lainnya.

Selain itu, masing-masing mobil juga dilengkapi dengan Laptop, Layar LCD 42", DVD Player beserta sound system, yang berfungsi untuk menayangkan film-film ceritera serta film hiburan bagi anak-anak. Tak hanya anak-anak, remaja dan orang dewasa yang hadir pun turut dihibur. Personel Indobatt menampilkan aneka permainan sulap yang dapat menghibur disela-sela mereka menunggu anak atau adiknya saat bermain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com