Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Panggil Wakil Dubes AS

Kompas.com - 05/08/2012, 12:44 WIB
Simon Saragih

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri China telah memanggil seorang diplomat senior AS sehubungan dengan pertanyaan AS soal sengketa Laut China Selatan. Wakil Dubes AS, Robert Wang, dipanggil untuk memberi penjelasan lebih lanjut atas komentar yang disampaikan Kementerian Luar Negeri AS pada hari Jumat (6/8/2012).

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa China telah membangun barak militer di kawasan sengketa dengan tujuan mengabaikan semua upaya diplomatik untuk mengatasi perbedaan pendapat soal sengketa wilayah itu. Kementerian Luar Negeri AS menambahkan, tindakan China ini berisiko untuk semakin membuat panas kawasan.

China meminta AS menghargai kedaulatan dan hak-hak China atas wilayah itu dan menekankan bahwa seluruh wilayah di Laut China Selatan resmi milik China. China berhak melakukan apa saja di wilayah itu karena memang milik China. "Kenapa AS selalu buta mata atas pelanggaran yang dilakukan negara lain terhadap wilayah China, tetapi jika ada negara yang membangun anjungan perminyakan di wilayah China, mengapai AS tidak pernah perduli soal itu?" demikian pernyataan China.

Sebagai informasi, klaim China soal kedaulatannya di wilayah Laut China Selatan tidak pernah diterima, setidaknya oleh Filipina dan Vietnam. Dua negara ini bahkan sering terlibat konflik di kawasan sengketa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com