Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Daging Merangkak Naik

Kompas.com - 04/08/2012, 02:31 WIB

GORONTALO, KOMPAS - Harga daging sapi dan ayam mulai merangkak naik di Gorontalo menjelang Idul Fitri. Harga daging sapi yang sebelumnya Rp 60.000 per kilogram, kini Rp 80.000 per kilogram. Harga daging ayam potong juga naik dari Rp 50.000 per kg menjadi Rp 55.000 per kg.

”Setiap mendekati Idul Fitri harga daging pasti naik. Penyebabnya adalah tingginya permintaan. Jika di hari biasa saya menjual daging sapi hanya 1 kuintal, sekarang naik hampir 2 kuintal dalam sehari,” kata Farid Datau (40), penjual daging sapi di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Jumat (3/8).

Untuk mengendalikan harga, Pemprov Gorontalo akan menggelar pasar murah di enam kabupaten dan kota. Pasar murah diadakan mulai 7 Agustus. Lokasi pasar murah di kawasan terpencil yang jauh dari pusat perdagangan. ”Prioritas utama pasar murah adalah warga kurang mampu yang ada di pelosok atau jauh dari pusat perdagangan. Tujuannya supaya mereka mendapatkan kebutuhan pokok untuk keperluan Ramadhan dan Idul Fitri dengan harga terjangkau,” ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Pekan depan, Pemkot Yogyakarta juga menggelar operasi pasar beras. Sebanyak 12,5 ton beras telah disiapkan dan akan dijual Rp 6.800 per kg.

Operasi pasar akan digelar enam kali, 7-15 Agustus, yang terpusat di delapan titik, yakni Gondomanan, Danurejan, Mergangsan, Umbulharjo, Kraton, Ngampilan, Wirobrajan, dan Jetis.

”Sampai bulan ini baru Kota Yogyakarta yang mengajukan operasi pasar. Empat kabupaten, yakni Sleman, Kulon Progo, Bantul, dan Gunung Kidul belum mengajukan permintaan operasi pasar,” ujar Kepala Perum Bulog Divisi Regional DI Yogyakarta Darsono Imam Yuwono, Jumat.

(APO/ABK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com