Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hizbut Tahrir Kecewa Aung San Suu Kyi

Kompas.com - 03/08/2012, 15:32 WIB
Adri Prima

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Ratusan orang yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Myanmar untuk Indonesia yang beralamat di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2012). Dalam orasinya, para demonstran mengecam keras pembunuhan kaum minoritas muslim di Rohingya, Myanmar. Sejak Juni lalu, korban dari pihak muslim mencapai 20 ribu orang.

"Dimana kalian yang selama ini menyuarakan HAM? Dimana kalian saat umat muslim Myanmar dibunuh," teriak seorang orator.

Mereka juga menyatakan kekecewaan terhadap tokoh visioner Myanmar, Aung San Suu Kyi.

"Dimana dia saat korban muslim terus berjatuhan," tambahnya.

Para demonstran juga membawa atribut serta spanduk yang bertuliskan 'Kami tidak rela saudara muslim kami dibantai'. Pantauan Kompas.com, sekitar pukul 14.30 WIB, lalu lintas di jalan Agus Salim terlihat macet dari arah Imam Bonjol menuju Sabang.

Sekitar seratus anggota Kepolisian yang tergabung dari satuan Polsek Menteng dan Polres Jakarta Pusat mengawal unjuk rasa tersebut. Meski begitu, unjuk rasa berlangsung tertib.

Seperti yang sudah ramai diberitakan, kaum muslim di wilayah Rakhine, Rohingya Myanmar mengalami berbagai kekerasan bahkan pembunuhan oleh kelompok ekstrimis Budha. Situasi tersebut semakin parah saat Pemerintah Myanmar terkesan acuh terhadap peristiwa tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com