Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Tuduh Turki dan AS Dukung Terorisme

Kompas.com - 03/08/2012, 10:01 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Suriah, Kamis (2/8), menuduh Turki memainkan peran utama dalam mendukung terorisme di Suriah. Kementerian itu menambahkan, Amerika Serikat dan Perancis juga secara eksplisit mengumumkan dukungan mereka terhadap kelompok pemberontak bersenjata. Mereka semua melakukan kejahatan terhadap rakyat Suriah.

Dalam surat yang dikirim ke PBB dan diterbitkan media pemerintah, kementerian itu mengatakan  bahwa pemerintah Turki memberikan dukungan kepada para pejuang bersenjata di Suriah dengan membuka perbatasan dan bandaranya untuk para teroris Al Qaeda serta kelompok lain untuk bergabung dengan para petempur di Suriah.

Kementerian itu juga mengecam Amerika Serikat dan Perancis, dan mengatakan bahwa kedua negara itu telah mengumumkan untuk  membiayai langsung kelompok-kelompok bersenjata di Suriah dan melengkapi mereka dengan peralatan komunikasi yang berarti akan melanjutkan tindakan kriminal mereka. Pernyataan kementerian itu dilontarkan pada saat negara sedang menyaksikan meningkatnya  pertempuran militer antara pemberontak bersenjata dan pasukan pemerintah di kota-kota utama seperti Damaskus dan Aleppo.

Laporan-laporan terakhir telah mengungkapkan keberadaan pejuang Al Qaeda dan kelompok-kelompok sejenis bergabung dalam pertempuran  melawan pasukan pemerintah Suriah.  

Unsur-unsur garis keras telah menggelapkan prospek solusi politik untuk krisis Suriah, terutama setelah Kofi Annan, Kamis, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai utusan khusus internasional bagi Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com