Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelawak Somalia Dibunuh Kelompok Militan

Kompas.com - 03/08/2012, 01:36 WIB
Pieter P Gero

Penulis

 

 

MOGADISHU. KOMPAS.com---Pelawak popular di Somalia, Abdi Jeylani Malag, tewas ditembak dua pria muda bersenjata di dekat rumahnya di Mogadishu.

Pelawak berusia 43 tahun yang sering tampil di televisi dan radio ini dibunuh hari Selasa lalu.Malag dikenal luas di Mogadishu dengan lawakan-lawakannya, namun lawakannya yang menghibur ini dimata kelompok militan dinilai bisa merusak pikiran anak-anak di Somalia.

Abdi Muridi Dhere, seorang kolega Malag, sebagaimana dikutip kantor berita AP hari Kamis (2/8/2012) menegaskan, kematian rekannya yang pelawak ini jelas sangat menyedihkan dan disesalkan.

Pembunuhan ini membuat Mogadishu kembali ke "hari-hari gelap".Selain Malag, sekitar tujuh wartawan telah dibunuh di Somalia sepanjang tahun 2012 karena menjadi target pembunuhan berbagai kelompok bersenjata di sana.

Dhere meminta pemerintah Somalia untuk semakin meningkatkan keamanan. Kelompok hak asasi, Amnesty International meminta otoritas Somalia dan masyarakat internasional untuk bertindak menegakkan kembali hukum di Somalia menyusul pembunuhan atas sang pelawak tadi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com