Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Tutup Kantor di Karachi karena Masalah Keamanan

Kompas.com - 02/08/2012, 08:46 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menutup kantornya di Karachi, Pakistan, terkait meningkatnya serangan terhadap para dokter PBB yang ditugaskan di sana, kata pejabat WHO, Rabu (1/8/2012).

Kepala program pemberantasan polio di Pakistan, Dr Elias Durry, membenarkan berita tersebut seraya mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan keamanan para stafnya, Express TV melaporkan. Meskipun demikian, Durry menekankan, WHO tidak menghentikan aktivitasnya di kota itu.

"Belum waktunya untuk menarik diri dari Karachi dan para staf kami melakukan tetap melakukan tugasnya," tegasnya.

Dia mengungkapkan ketidaknyamanannya terkait keamanan yang diberikan pada badan tersebut. Katanya, "Itu bukan yang direkomendasikan oleh PBB, meskipun demikian, kami mempelajari masalah ini tanpa keinginan untuk menarik diri atau menghentikan tugas-tugas kami di sini."

Setelah serangan terhadap seorang dokter PBB dan seorang pekerja sosial setempat pada Juli lalu, kegiatan pemberantasan polio di Karachi mengalami kemunduran. Sejumlah laporan menyebut, sejak serangan itu kantor WHO di Karachi ditutup.

Menurut sejumlah sumber, inilah untuk pertama kali dalam sejarah upaya pemberantasan polio di Pakistan, operasi itu terpengaruh seperti saat ini. Nasib program itu belum mendapat kepastian terkait apakah para petugas (program) puas dengan keamanan mereka atau tidak.

Sebelumnya televisi setempat, Geo TV, melaporkan bahwa WHO menutup kantornya di Karachi karena masalah keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com