Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Tentara Argentina di Falkland Dirusak

Kompas.com - 01/08/2012, 10:57 WIB

Pemakaman tentara Argentina -- yang tewas dalam perang melawan Inggris -- di Kepulauan Falkland, dirusak oleh orang tidak dikenal. Kaca bagian depan kotak penyimpan patung Bunda Maria, yang diletakkan di komplek pemakaman, hancur.

Warga yang tinggal di kepulauan itu mengutuk tindakan perusakan itu, sementara aparat kepolisian setempat tengah menyelidiki dan mencari siapa pelakunya.

"Jelas kami mengutuk tindakan macam ini.. dan kami sangat menyesal ini terjadi. Saya minta siapapun yang mengetahui pelakunya untuk menghubungi polisi," kata Dick Sawle, anggota parlemen Inggris yang mewakili kepulauan Falkland, dalam pernyataannya.

Sementara, keluarga tentara Argentina yang dikuburkan di pemakaman itu mengganggapnya sebagai "penghujatan" karena "permusuhan" lama.

Mereka lantas mengirim surat protes ke Menteri Luar Negeri Argentina Hector Timerman, sementara Duta Besar Inggris di Buenos Aires, John Freeman, menuntut digelar penyelidikan mendesak dan lengkap.

Dipukul berulang kali

Seorang saksi mata, yang juga penjaga makam, Sebastian Socodo mengatakan, perusakan itu kemungkinan terjadi pada akhir pekan lalu. "Mereka menghancurkan kaca yang menutupi patung Bunda Maria. Tetapi saya tak tahu siapa pelakunya," kata Socodo.

Kaca bagian depan penutup patung Bunda Maria itu terlihat bekas pukulan benda tumpul yang dilakukan berulangkali.

Bunda Maria merupakan sosok suci yang dihormati masyarakat Argentina.

Di pemakaman tersebut, selain tentara Inggris, disemayamkan pula 237 jasad tentara Argentina yang tewas dalam perang melawan Inggris selama konflik memperebutkan kepulauan Falkland pada 1982.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com