Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Lelang Daerah Laut China Selatan

Kompas.com - 31/07/2012, 14:48 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Pemerintah Filipina akan melelang tiga wilayah di Laut China Selatan untuk eksplorasi minyak dan gas yang juga diklaim oleh China.

Sejumlah perusahaan lokal dan asing memenuhi standarisasi untuk mengajukan penawaran, termasuk perusahaan energi besar asal Perancis Total, perusahaan AS Exxon dan Kerajaan Belanda Shell. Filipina sangat ingin mengurangi ketergantungan impor energi.

Bagaimanapun, perairan yang diklaim oleh sejumlah negara itu, memiliki sumber energi yang besar.

Blok yang akan dilelang berada di dekat Provinsi Palawan, dekat Malampaya dan Sampaguita yang mengandung gas alam. Wilayah ini dekat dengan Reed Bank, yang juga diklaim oleh China.

"Seluruh wilayah yang telah kami tawarkan berada di 200 mil zona ekonomi eksklusif Filipina sesuai dengan UNCLOS (Konvensi Hukum Laut PBB)," jelas Jose Layug, pejabat Departemen Energi. "Jadi upaya Filipina untuk mendapatkan hak kedaulatan ekslusif dan otoritas untuk mengeksplorasi dan eksploitasi sumber alam di wilayah itu diluar negara lain. Tidak ada keraguan dan sengketa mengenai hak tersebut."

China mengklaim wilayah Laut China Selatan, yang juga diklaim Filipina, Vietnam, Taiwan, Brunei dan Malaysia.

Diperkirakan wilayah laut China Selatan yang menjadi sengketa itu mengandung minyak dan gas yang besar.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan antara sejumlah negara menajam, menyusul peningkatan aktivitas maritim China di wilayah itu.

Hubungan antara China dan Filipina menurun menyusul sengketa wilayah di Scarborough Shoal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com