Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Microsoft Surface Meluncur 26 Oktober

Kompas.com - 30/07/2012, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Microsoft telah memberi konfirmasi bahwa tablet Surface akan dirilis bersamaan dengan sistem operasi Windows 8.

"Versi berikutnya dari sistem operasi kami, Windows 8, akan mulai tersedia pada 26 Oktober 2012. Saat itu kami akan mulai menjual Surface berikut sejumlah perangkat hardware yang didesain dan diproduksi oleh Microsoft," tulis raksasa software itu dalam laporan tahunannya, yang diserahkan ke US Securities and Exchange Commission.

Sebelumnya, Microsoft pernah memberi sinyalemen bahwa Surface akan dirilis dalam waktu berdekatan dengan Windows 8. Pernyataan dalam laporan tahunan tersebut memberi konfirmasi resmi atas kabar itu.

Versi yang akan dirilis pada 26 Oktober adalah tablet surface berbasis ARM yang menjalankan WIndows RT.

Tablet Surface versi "Pro" yang lebih mahal dan berbasis prosesor Ivy Bridge akan menyusul 90 hari setelahnya, pada awal 2013.

Microsoft menyebutkan bahwa harga resmi Surface akan diumumkan menjelang tanggal rilis. "Harganya diharapkan kompeitif dengan produk tablet lainnya yang berbasis ARM atau PC kelas Ultrabook berbasis Intel."

Sebuah situs teknologi Swedia pernah menampilkan harga Surface versi Windows RT yang dipatok pada angka Rp 9,5 juta.

Dalam laporan tahunan tersebut, Microsoft menyertakan disclaimer yang isinya menjelaskan bahwa sukses-tidaknya Windows 8 tergantung pada sejumlah faktor seperti kemauan pengguna beradaptasi dengan interface baru.

Biaya pemasaran dalam peluncuran Windows 8 beserta segala macam layanan dan perangkat pelengkapnya disebut "bisa mengurangi margin operasi" Microsoft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com