Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Benahi Saluran Dialog dengan Korut

Kompas.com - 30/07/2012, 17:33 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) akan membenahi saluran dialog dengan Korea Utara (Korut) menyangkut masalah reunifikasi pascaperang Korea 1950-1953. Yonhap pada Senin (30/7/2012), mengutip Kementerian Reunifikasi Korsel mewartakan, ternyata banyak keluarga masih terpisahkan lantaran perang saudara itu.

Salah satu upaya yang mengemuka adalah pertemuan berjadwal bagi keluarga yang saling terpisah. Hal lain adalah pertukaran kesempatan berkirim surat. "Program pembenahan berlangsung selama tiga tahun termasuk pemberian bantuan finansial melalui negara ketiga," kata kementerian itu.

Termasuk dalam bagian yang bakal direalisasikan adalah pertukaran video berisi pesan-pesan antarkeluarga di kedua negara.

Pihak Korsel sedikitnya sudah menyelenggarakan reuni hingga 12 kali sejak 2000. Sejauh ini, tercatat 82.000 warga Korsel yang terpisah dengan sanak keluarganya di Utara.

Sejak 2010, reunifikasi memang terganjal insiden mematikan di perbatasan kedua negara. Kala itu, dua orang tewas akibat penembakan pihak keamanan perbatasan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com