Kompas.com - 30/07/2012, 12:44 WIB
Penulis Kistyarini
|
EditorKistyarini

HYDERABAD, KOMPAS.com — Setidaknya 30 orang diperkirakan tewas ketika sebuah gerbong kereta api penumpang terbakar, Senin (30/7/2012), kata Kementerian Perkeretaapian India.

Kecelakaan yang menimpa KA jarak jauh dengan rute New Delhi-Chennai itu terjadi pada Senin dini hari, dekat kota Nellore, negara bagian Andhra Pradesh.

"Tiga puluh orang dikhawatirkan tewas. Saya mendapat informasi dari para pejabat kami yang berada di lokasi bahwa para penolong bisa melihat mayat-mayat, tapi tidak bisa membawanya keluar," kata juru bicara Kementerian Perkeretaapian, Chandralekha Mukherjee.

Satu gerbong terbakar habis, sementara para penolong harus menghadapi temperatur yang sangat tinggi di gerbong. Petugas menggunakan gergaji untuk menyobek badan gerbong agar bisa menolong korban.

"Kami belum bisa mengidentifikasi penyebab kebakaran. Bisa jadi disebabkan korsleting, bisa juga karena ada orang yang membawa barang yang mudah terbakar di dalam kereta api," terang Mukherjee.

Kereta api masih menjadi transportasi utama untuk perjalanan jarak jauh di India, meskipun sering mengalami kecelakaan.

Pada Mei lalu, terjadi dua kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Salah satunya adalah tabrakan dua KA yang menewaskan 25 penumpang di Bangalore.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, pada Maret, Menteri Perkeretaapian Dinesh Trivedi mengungkap rancangan anggaran untuk 2012-2013. Di dalamnya terdapat perbaikan keamanan yang pembiayaannya dilakukan dengan menaikkan tarif KA.

Namun, dia terpaksa menarik rancangan itu, lalu mengundurkan diri setelah terjadi pemberontakan dalam tubuh partainya, Trinamool Congress. Partai yang memiliki kebijakan populis ini menolak usulan menaikkan tarif bagi rakyat miskin.

Kecelakaan KA terburuk di India terjadi pada 1981 ketika sebuah rangkaian KA jatuh ke sungai di Bihar. Korban kecelakaan ini diperkirakan mencapai 800 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.