Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak di Filipina Selatan Tewaskan 19 Orang

Kompas.com - 27/07/2012, 14:48 WIB

COTABATO, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas dalam baku tembak sengit pada Kamis (26/7/2012) antara pasukan pemerintah dan kelompok Abu Sayyaf di Filipina selatan menjadi 19, kata seorang perwira militer Jumat (27/7/2012).

Setidaknya 10 tentara dan sembilan gerilyawan Abu Sayyaf tewas. Sementara itu tentara pemerintah menderita 16 luka-luka dalam bentrokan di hutan kota Sumisip, Provinsi Basilan, sejak Kamis.

Pihak militer mengatakan, pasukan angkatan darat juga menemukan delapan pemberontak terluka. Salah satunya pemimpin kelompok yang diidentifikasi sebagai Wyms Wakil, mantan pejabat koperasi perkebunan karet yang telah bergabung dengan kelompok Abu Sayyaf.

Dia diyakini sebagai orang yang memimpin pertempuran itu, kata juru bicara militer daerah Randolph Cabangbang.

Cabangbang mengatakan, angka korban pemerintah adalah hasil dari dua pertempuran yang terpicu Kamis pagi dan satu lagi pada sore ketika tentara bentrok dengan 50 orang bersenjata punya hubungan dengan kelompok Abu Sayyaf.

Dia mengatakan, dalam pertempuran pertama delapan personel militer tewas dan dua orang lagi pada Kamis sore. Cabangbang mengatakan, operasi berlangsung pada saat pasukan pemerintah melacak para pemberontak di pegunungan Sumisip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com