Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Remehkan Pengaruh Al Qaeda di Suriah

Kompas.com - 27/07/2012, 08:38 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Gerilyawan mungkin aktif di Suriah. Namun mereka memiliki lebih sedikit pengaruh di lapangan dibandingkan dengan pasukan oposisi yang berusaha menggulingkan Presiden Bashar al-Assad, kata Pentagon, Kamis (26/7).

Unsur utama gerilyawan tersebut tampaknya dipasok Al Qaida di Irak (AQI), kata Juru Bicara Departemen Pertahanan AS George Little. "Saya tak bisa mengesampingkan kemungkinan ada kaum fanatik di Suriah, tapi orang tak perlu berpikiran AQI memiliki jejak sangat kuat atau besar di Suriah," kata juru bicara tersebut kepada wartawan di Washington.

"Orang yang mendapat tempat pijakan sesungguhnya di Suriah adalah mereka yang menentang ... Bashar al-Assad. Saya tak mau berlebihan dalam menyampaikan keprihatinan mengenai AQI di Suriah," kata Little.

Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari pada awal Juli mengatakan, gerilyawan AQI menyeberang dari Irak ke Suriah untuk melancarkan serangan.

Kendati konflik yang sudah 16 bulan di Suriah bertambah parah, Amerika Serikat telah berulangkali menyatakan AS "menentang campur tangan militer". "Sasaran pada akhirnya ditentukan rakyat Suriah ... mereka sendirilah yang menetapkan jalur bagi masa depan, sungguh bukan kami yang menetapkan jalan buat mereka," kata Little.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com