Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Bo Xilai Didakwa Membunuh

Kompas.com - 26/07/2012, 20:39 WIB

Kantor berita pemerintah China, Xinhua melaporkan Gu Kailai, istri Bo Xilai politisi yang menghadapi masalah, secara resmi dikenai dakwaan pembunuhan.

Menurut berita yang dikeluarkan pada Kamis (26/7/2012), Gu Kailai dan seorang anggota keluarga lainnya, Zhang Xiaojun, baru-baru ini dituntut di pengadilan China tetapi tidak dijelaskan rinciannya.

Sidang disebutkan akan dimulai beberapa hari mendatang.

Gu Kailai dan Zhang Xiaojun diusut terkait pembunuhan seorang pengusaha asal Inggris di China, Neil Heywood. Heywood ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sebuah hotel di Chongqing pada 15 November 2011.

Kantor berita Xinhua mengatakan penyelidikan menunjukkan Gu Kailai dan Zhang Xiaojun meracuni Neil Heywood yang berakibat fatal, setelah konflik tentang kepentingan ekonomi yang membuat Gu Kailai mengkhawatirkan keselamatan putranya.

Sejumlah pejabat setempat mengatakan Neil Wood meninggal dunia karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, tetapi pada April lalu pemerintah mengumumkan penyelidikan terhadap istri Bo Xilai terkait kasus pembunuhan.

Skandal ini muncul awal tahun 2012 dan menyebabkankan Bo Xilai diberhentikan sebagai pemimpin Partai Komunis di tingkat wilayah Chongqing.

Bo Xilai diberhentikan pada Maret lalu dan sekarang diselidiki dalam kasus dugaan mencemoohkan peraturan Partai Komunis.

Kejatuhan Bo Xilai dipicu oleh kepergian Kepala Kepolisian Chongqing, Wang Lijun, ke Konsulat Amerika Serikat dan disebut-sebut mencari suaka setelah berselisih dengan Bo terkait penyelidikan kematian Neil Heywood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com