Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Polisi Tewas Kena Bom di Thailand

Kompas.com - 26/07/2012, 16:47 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Lima polisi tewas dan seorang lainnya terluka dalam serangan bom pada Rabu (25/7/2012), di Provinsi Yala, Thailand selatan, kata laporan media lokal.

Bom itu dilaporkan disembunyikan di satu truk pick-up untuk penyerbuan, yang meledak di depan satu sekolah di Kabupaten Raman pada saat kendaraan patroli polisi berjaga untuk keamanan para guru yang berangkat mengajar.

Lima polisi di dalam kendaraan itu tewas dan satu lainnya terluka. Baku tembak pun terjadi setelah ledakan itu antara polisi yang masih hidup dan para penyerang, yang kemudian melarikan diri meninggalkan lokasi.

Polisi menuduh para pemberontak separatis yang dilaporkan telah menghasut kelompok lebih dari 10.000 serangan kekerasan di tiga provinsi selatan Yala, Pattani dan Narathiwat sejak awal tahun 2004.

Kekerasan ini diperkirakan menewaskan lebih dari 5.000 jiwa dan melukai hampir 10.000 orang lainnya.

Wilayah selatan Thailand dulunya adalah daerah otonomi kesultanan Melayu Muslim sampai dianeksasi Bangkok sekitar seabad lalu, dan sejak itu sering muncul pemberontakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com