Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Tutup Perbatasan dengan Suriah

Kompas.com - 25/07/2012, 14:26 WIB

ANTAKYA, KOMPAS.com - Turki akan menutup pos penyeberangan di perbatasan dengan Suriah, negara tetangganya yang dilanda kekacauan, pada Rabu (25/7) ini sampai ada pemberitahuan lebih lanjut, kata seorang pejabat Turki kepada AFP.

"Kami telah mengambil langkah semacam itu bagi warga negara kami demi alasan keamanan," kata pejabat itu, yang tidak bersedia disebutkan namanya. "Langkah penutupan ini akan berlangsung sampai batas waktu yang tidak diketahui dan pembukaan kembali tergantung pada perkembangan di lapangan."

Langkah itu dilakukan setelah para pemberontak Suriah merebut dua pos perbatasan di sepanjang perbatasan dalam bentrokan dengan pasukan loyalis rezim Suriah. Para pejabat Suriah mengatakan, orang asing yang ingin melintasi perbatasan akan diminta untuk menandatangani surat peringatan tentang bahaya potensial di Suriah.

Ada tujuh pos perbatasan yang berfungsi di perbatasan sepanjang hampir 900 kilometer di antara kedua negara itu.

Para pemberontak telah menguasai penyeberangan perbatasan di wilayah Jarabulus, Bab al-Hawa dan Al-Salama di sepanjang perbatasan Turki. Dalam bentrokan pekan lalu antara pemberontak dan pasukan rezim Suriah di Bab al-Hawa, yang terletak di persimpangan Cilvegozu, sejumlah truk Turki dibakar dan dirampok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com