Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irak Kirim Tentara ke Perbatasan dengan Suriah

Kompas.com - 24/07/2012, 19:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Irak memindahkan satu brigade tentaranya ke perbatasan dengan Suriah di kawasan barat di Provinsi Anbar. Pasukan itu sendiri sebelumnya bertugas di kawasan selatan Irak di Provinsi Dhi-Qar. "Satu brigade pasukan sudah mendapat perintah pindah ke perbatasan tersebut," kata pernyataan militer di televisi nasional Irak pada Selasa (24/7/2012).

Penempatan pasukan tersebut, menurut otoritas Irak, sebagai langkah antisipasi memperkuat perbatasan yang kini menjadi lokasi pengungsian warga Suriah. Irak, selain Turki, adalah negara tetangga Suriah yang membuka penampungan bagi pengungsi Suriah.

Kendati begitu, perkara pengungsi bukanlah hal mudah. Pasalnya, para pengungsi acap memperoleh tindak kekerasan dari pihak Suriah. Tak cuma itu, tindak kekerasan di dalam kamp pengungsi juga sering terjadi.

Irak memang sempat meminta agar para pengungsi kembali ke negaranya. Namun, kebijakan itu dibatalkan lantaran para pengungsi justru mengalami kekurangan logistik di negara asal mereka yang kini dilanda perang saudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com