Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persediaan Daging di Jakarta Belum Cukup

Kompas.com - 24/07/2012, 13:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Persediaan daging sapi di Jakarta saat ramadhan masih belum mencukupi. Keterbatasan ini disebabkan keterbatasan pasokan sapi lokal dan ditutupnya impor sapi.

"Harga daging masih tinggi di beberapa pasar tradisional yang kita awasi dan persediaannya memang sedikit," kata Penyuluh Peternakan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Komaruddin di Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Komaruddin, ditemui saat mengawasi persediaan daging di Pasar Klender SS Jakarta Timur, mengatakan, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur terus melakukan pengawasan stok daging di pasar-pasar tradisional sejak beberapa hari sebelum ramadhan.

Dari beberapa pasar yang diawasi seperti pasar Duren Sawit, Klender dan Cipayung, harga daging sapi masih menyamai harga saat sehari sebelum ramadhan, yaitu mencapai Rp 70.000-Rp 80.000 per kilogram.

"Kemungkinan harga daging turun pada pekan kedua Ramadhan, dan nanti akan naik lagi menjelang lebaran," tambah Komaruddin.

Pedagang daging Pasar Klender SS, Toto mengatakan, harga daging memang masih tinggi karena melonjaknya permintaan masyarakat tak diimbangi dengan persediaan.

Toto mengaku kebutuhan daging sapi hanya dipasok dari pihak lokal sehingga tidak mampu mencukupi permintaan masyarakat. Padahal, pada ramadhan sebelumnya, permintaan masyarakat turut diimbangi dengan pasokan sapi dari luar negeri.

Pemerintah menutup izin impor sapi bakalan (anakan sapi) asal Australia karena Negara Kangguru itu melarang ekspor sapi bakalan dengan alasan rumah potong di Indonesia tidak memenuhi standar sejak 2011.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com