Kompas.com - 24/07/2012, 13:13 WIB
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com - Persediaan daging sapi di Jakarta saat ramadhan masih belum mencukupi. Keterbatasan ini disebabkan keterbatasan pasokan sapi lokal dan ditutupnya impor sapi.

"Harga daging masih tinggi di beberapa pasar tradisional yang kita awasi dan persediaannya memang sedikit," kata Penyuluh Peternakan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Komaruddin di Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Komaruddin, ditemui saat mengawasi persediaan daging di Pasar Klender SS Jakarta Timur, mengatakan, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur terus melakukan pengawasan stok daging di pasar-pasar tradisional sejak beberapa hari sebelum ramadhan.

Dari beberapa pasar yang diawasi seperti pasar Duren Sawit, Klender dan Cipayung, harga daging sapi masih menyamai harga saat sehari sebelum ramadhan, yaitu mencapai Rp 70.000-Rp 80.000 per kilogram.

"Kemungkinan harga daging turun pada pekan kedua Ramadhan, dan nanti akan naik lagi menjelang lebaran," tambah Komaruddin.

Pedagang daging Pasar Klender SS, Toto mengatakan, harga daging memang masih tinggi karena melonjaknya permintaan masyarakat tak diimbangi dengan persediaan.

Toto mengaku kebutuhan daging sapi hanya dipasok dari pihak lokal sehingga tidak mampu mencukupi permintaan masyarakat. Padahal, pada ramadhan sebelumnya, permintaan masyarakat turut diimbangi dengan pasokan sapi dari luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah menutup izin impor sapi bakalan (anakan sapi) asal Australia karena Negara Kangguru itu melarang ekspor sapi bakalan dengan alasan rumah potong di Indonesia tidak memenuhi standar sejak 2011.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.