Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sepekan Terjadi 111 Kasus Kecelakaan di Jakarta

Kompas.com - 24/07/2012, 11:32 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Operasi Patuh Jaya yang dilakukan sejak 16 Juli 2012 lalu, ternyata masih diwarnai dengan tingginya angka kecelakaan yang terjadi. Dalam sepekan, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat ada 111 kasus kecelakaan yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Selama satu minggu ini, angka kecelakaan totalnya mencapai 111 kasus dengan total korban jiwa mencapai 21 orang meninggal dunia," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Selasa (24/7/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Selain korban meninggal, pihaknya juga mencatat korban luka berat dengan total 45 jiwa, dan korban luka ringan totalnya 71 jiwa. "Penyebab kecelakaan biasanya karena menggunakan kendaraan dengan kecepatan sangat tinggi, tidak konsentrasi, mengantuk, menyalip jalur busway, dan juga tidak menggunakan helm bagi kendaraan roda dua di jalan raya," tutur Rikwanto.

Polisi juga melakukan sanksi tilang kepada 28.527 pengendara dan sanksi teguran terhadap 11.105 pengendara. Penilangan dan teguran dilakukan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. "Paling banyak ditemukan saat operasi Patuh Jaya, yakni kendaraan yang lawan arus," ujar Rikwanto.

Pelaksanaan Operasi Patuh Jaya akan dilakukan hingga tanggal 29 Juli mendatang. Rikwanto menuturkan, pihaknya berharap operasi kali ini bisa meningkatkan disiplin pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com