Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang Eropa Dorong Harga Minyak Merosot

Kompas.com - 24/07/2012, 06:36 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah merosot tajam pada perdagangan di New York, Senin waktu setempat atau Selasa (24/7/2012) pagi, menyusul kekhawatiran krisis utang Eropa kian dalam dan prediksi ekspansi ekonomi China akan melambat.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran September turun 3,69 dollar AS menjadi 88,14 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Harga minyak Brent untuk penetapan September turun 3,57 dollar AS, atau 3,3 persen, menjadi 103,26 dollar AS per barel, di ICE Futures Europe exchange, London.

Di Eropa, biaya asuransi utang Spanyol naik menyentuh sebuah rekor. Para kreditur Yunani akan berkumpul minggu ini di tengah keraguan bahwa negara dewa-dewi ini akan memenuhi persyaratan untuk dana talangan.

Kondisi ini lantas membuat euro juga melemah 0,7 persen menjadi 1,2067 dollar AS pada Senin waktu setempat, terendah sejak Juni 2010. Di China, menurut anggota komite kebijakan moneter People's Bank of China, Song Guoqing, pertumbuhan ekonomi China mungkin tidak banyak berubah untuk kuartal ketujuh secara berturut-turut.

"Kekhawatiran akan krisis utang Eropa membayangi semuanya," ujar Phil Flynn, analis pasar senior Price Futures Group, di Chicago.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com