Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9.000 Pengungsi Suriah Tiba di Kurdistan

Kompas.com - 22/07/2012, 12:37 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Wilayah semi-otonomi Kurdi Irak menerima hingga 9.000 pengungsi Suriah yang meninggalkan negara mereka saat kekerasan berlangsung, kata seorang pejabat Kurdi, Sabtu (21/7).

"Kamp-kamp yang disiapkan untuk pengungsi Suriah yang melintasi perbatasan (Suriah-Kurdistan), terus mengalami peningkatan jumlah pengungsi dan sampai hari ini kami telah menerima 9.000 dari mereka," kata Mohammed Abdullah, kepala direktorat imigrasi dan imigran Provinsi Duhuk Kurdistan kepada wartawan.

Pemerintah daerah Kurdi bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan internasional dan beberapa organisasi kemanusiaan lokal yang menawarkan berbagai bantuan kepada para pengungsi, yang sebagian besar datang dari kota-kota Kurdi Suriah yang berdekatan dengan wilayah Kurdistan Irak.

Pada Jumat, pemerintah pusat di Baghdad mengatakan, pihaknya tidak dapat menerima pengungsi Suriah karena logistik yang buruk dan situasi keamanan di Irak. "Perbatasan kami berlokasi di daerah gurun. Kami tidak bisa membantu  pengungsi (Suriah) karena situasi  keamanan (Irak) tidak stabil," kata juru bicara pemerintah Ali Dabbagh dalam satu wawancara di televisi Iraqia, yang dikelola negara.

Dabbagh menjelaskan bahwa perbatasan negaranya dengan Suriah adalah gurun, dengan kota-kota yang sangat sedikit dan tidak mampu untuk memberikan layanan bagi ribuan pengungsi Suriah.

Suriah telah hancur akibat pemboman dan kekerasan terhadap warga sipil sejak Maret 2011, ketika protes-protes anti-pemerintah dimulai. Kerusuhan itu telah merenggut nyawa ribuan orang, termasuk sejumlah besar anggota pasukan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com