Kompas.com - 22/07/2012, 10:41 WIB
EditorEgidius Patnistik

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Sebanyak 21 orang dirawat akibat luka bakar di kaki mereka setelah berjalan di batu bara yang menyala dalam seminar motivasi yang dipandu motivator ternama Tony Robbins di San Jose, California, AS, lapor media setempat.

Petugas pemadam merawat sedikitnya 21 orang akibat luka bakar di telapak kaki mereka, Kamis (19/7/2012) malam. Sebagian menderita luka bakar tingkat dua dan tiga, demikian laporan harian San Jose Mercury News. Namun tak seorang pun mengalami luka yang mengancam jiwa, kata laporan itu.

Peristiwa itu terjadi pada malam pertama dari empat hari seminar motivasi diri yang disebut "Unleash the Power Within",  yang dihadiri 6.000 orang, kata Mercury News. Telepon ke petugas layanan gawat darurat dan regu pemadam San Jose tak dijawab, dan Robbins tak bisa di hubungi pada Sabtu melalui kontak medianya, lapor kantor berita Reuters.

Namun dalam pernyataan tertulis yang dilaporkan Mercury News, Robbins Research International membela kegiatan "jalan di api", bagian rutin seminar "Unleash". "Kami telah dengan aman melakukan kegiatan ini selama lebih dari tiga dasawarsa, dan selalu di bawah pengawasan personel medis ... Kami terus bekerja sama dengan personel keadaan darurat dan pemadam setempat guna menjamin kegiatan ini selalu dilakukan dengan cara paling aman," katanya.

Berjalan di api disajikan di jejaring Robbins sebagai cara menaklukkan ketakutan dan "api lain di dalam hidup" dengan berjalan melintasi hamparan arang yang menyala sampai 2.000 derajat Celsius. Namaun hal itu tidak merupakan keharusan dalam seminat tersebut.

Acara hari pertama berakhir Kamis malam di San Jose Convention Center. Setelah itu, para peserta menyeberangi jalan ke satu taman yang dilengkapi dengan 12 jalur arang menyala dengan ukuran panjang 10 kaki dan lebar 2,5 kaki, kata Mercury News.

Tidak jelas berapa orang yang ikut dalam kegiatan berjalan di api itu. Robbins, yang dipandang sebagai salah seorang ahli motivasi diri paling berhasil di dunia selama hampir tiga dasawarsa terakhir. Ia menyelenggarakan sejumlah seminar, menerbitkan buku dan rekaman, bimbingan kehidupan dan kegiatan untuk memotivasi orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.