Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darfur Kembali Membara, 58 Orang Tewas

Kompas.com - 20/07/2012, 09:41 WIB

KHARTUM, KOMPAS.com - Bentrokan dua suku di wilayah bergolak Sudan, Darfur, awal pekan ini menewaskan 58 orang dan melukai 24 orang lagi, lapor kantor berita resmi Sudan, SUNA, Kamis (19/7/2012).

Bentrokan tersebut melibatkan suku Misseriya dan Rizeigat dan terjadi di daerah Jebara di perbatasan antara Darfur Timur dan Negara Bagian Kordofan Selatan, kata SUNA setelah pertemuan para tetua suku dan pejabat pemerintah di Darfur Timur.

SUNA tak menjelaskan apa yang telah memicu bentrokan tersebut. Suku di Darfur, wilayah tandus yang luas di Sudan barat, dan di bagian selatan negeri itu seringkali bentrok mengenai masalah lahan atau hak atas air.

Darfur adalah tempat pemberontakan suku non-Arab terhadap pemerintah di Khartoum, yang mereka tuduh menyisihkan mereka secara politik dan ekonomi.

Pemberontak mengangkat senjata tahun 2003, dan setahun kemudian pemerintah mengirim tentara dan suku yang bersekutu dengannya guna memadamkan pemberontakan. Gelombang kerusuhan kemudian bergolak. PBB memperkirakan korban tewas telah mencapai ratusan ribu orang. Khartoum menyebutkan jumlah korban tewas 10.000.

Tingkat kerusuhan telah reda, tapi bentrokan dan aksi kejahatan masih berlanjut sehingga menghambat upaya perdamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com