Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Daging Sapi Rp 130.000 Per Kg

Kompas.com - 20/07/2012, 05:02 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Berbelanja daging sapi menjelang Ramadhan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Aceh. Banyaknya permintaan membuat harga daging sapi meroket hingga Rp 130.000 per kilogramnya.

Harga yang melambung ini juga dipengaruhi oleh tradisi Meugang menjelang puasa Ramadhan, yaitu tradisi masyarakat Aceh menyajikan menu dengan daging sebagai bahan dasar.

"Tidak sah rasanya, jika tidak ada menu masakan daging ketika menyambut Ramadhan tiba," ujar Diah, seorang ibu rumah tangga di Banda Aceh, Kamis (19/7/2012).

Kondisi yang sama juga terjadi sehari menjelang hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Seorang pedagang sapi bisa menghabiskan satu hingga dua sapi dalam sehari pada saat hari Meugang tiba.

Toke Din, seorang pedagang daging sapi di kawasan Beurawe Banda Aceh, mengaku bahwa puncak Meugang akan terjadi pada H-1 puasa Ramadhan.

"Kalau waktu sehari sebelum puasa, harga daging bisa lebih naik lagi karena memang itu waktu-waktu puncak," ungkap Toke Din.

Sementara itu, Pemerintah Daerah Aceh mengaku tidak kekurangan stok daging sapi dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran yang akan datang.

Sebagian besar daging sapi yang dijual adalah daging sapi lokal Aceh, yang kini sudah ditetapkan sebagai bibit sapi unggul Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com