Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Somalia Tetap Terancam Kelaparan

Kompas.com - 19/07/2012, 22:09 WIB
Pieter P Gero

Penulis

DOLO, KOMPAS.com Warga Somalia tetap terancam bahaya kelaparan yang mematikan.

Banyak warga terpaksa berjalan jauh meninggalkan rumah tempat tinggal mereka menuju kamp-kamp pengungsi, untuk mencari makanan dan menghindari konflik bersenjata. Perjalanan panjang berdebu membuat banyak dari mereka rentan meninggal dunia.

Laporan PBB sebagaimana dikutip kantor berita AP, Kamis (19/7/2012) ini, menyebutkan, dua faktor mematikan menjadi penyebab banyak warga dan keluarga-keluarga Somalia yang bermukim di kawasan Somalia tengah-selatan meninggalkan tempat tinggal mereka.

"Dua faktor itu, yakni curah hujan yang minim, dan terlalu banyaknya senjata di sana," ujar pihak PBB.

Penegasan PBB ini berkenaan dengan peringatan satu tahun kelaparan terburuk di Somalia. Kondisi kelaparan terburuk itu menelan sedikitnya 100.000 orang tewas di negara yang terletak di kawasan tanduk Afrika itu.

Banyak warga Somalia sudah kembali ke rumah tinggal mereka awal tahun 2012 ini karena krisis yang semakin mereda. Mereka juga mencoba menanam bahan pangan. Namun, musim kering yang ekstrem, dengan curah hujan yang minim, memaksa mereka kembali lagi menempuh perjalanan panjang ke kamp pengungsi.

Diperkirakan ada 12 juta warga Somalia membutuhkan bantuan saat terjadi kelaparan tahun lalu. PBB tahun ini memperkirakan, 2,5 juta warga Somalia mengalami krisis dan membutuhkan bantuan untuk bisa bertahan hidup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com