Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik untuk Hari Keenam, Minyak Dekati 90 Dolllar AS

Kompas.com - 19/07/2012, 07:42 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak mentah naik untuk hari keenam, bahkan sempat melewati angka 90 dollar AS per barrel. Kenaikan ini didorong oleh konstruksi perumahan yang naik dan persediaan bahan bakar yang turun.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Agustus naik 65 sen, atau 0,7 persen, menjadi 89,87 dollar AS per barrel, di New York Mercantile Exchange, Rabu (18/7/2012) waktu setempat atau Kamis pagi. Harga minyak ini bervariasi antara 88,59 dollar AS-90,04 dollar AS yang merupakan intraday tertinggi sejak 30 Mei 2012.

Harga minyak Brent untuk penetapan September naik 1,16 dollar AS, atau 1,1 persen, menjadi 105,16 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe Exchange, London. Departemen Perdagangan AS melaporkan, konstruksi perumahan mencapai kecepatan tahunan 760.000 pada bulan Juni. Angka itu tercepat sejak Oktober 2008.

Kenaikan harga minyak juga didorong oleh persediaan bahan bakar yang turun 1,82 juta barrel pada minggu lalu. Ini adalah angka yang dilaporkan Departemen Energi. Padahal, survei Bloomberg memperkirakan kenaikan sebesar 1,2 juta barrel.

"Itu sebuah konfirmasi bahwa pasar perumahan telah meningkat dan itu meningkatkan harapan untuk babak kedua yang baik dan permintaan minyak lebih baik," sebut Michael Lynch, Presiden Strategic Energy & Economic Research, di Winchester, Massachusetts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com