Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Jenderal Suriah Membelot ke Turki

Kompas.com - 18/07/2012, 07:37 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Seorang jenderal dan beberapa tentara Suriah menyeberang ke Turki, Senin (16/7/2012), kata seorang diplomat Turki kepada AFP, menjadikan jumlah pembelotan jenderal terhadap rezim Bashar al-Assad setidaknya menjadi 18 orang.

Turki telah menjadi rumah bagi puluhan pembelot yang menyeberang ke perbatasan dan membentuk Tentara Pembebasan Suriah dalam penentangan terhadap rezim Assad. Dengan pembelotan baru itu, kini sudah 18 jenderal Suriah melarikan diri ke Turki sejak konflik meletus pada Maret tahun lalu.

Diplomat Turki, yang juga berbicara kepada AFP tanpa menyebut nama, Selasa (17/7/2012), mengatakan bahwa hampir 42.700 pengungsi Suriah sekarang hidup di kamp-kamp dekat perbatasan dengan Suriah.

"Kami melihat peningkatan jumlah pengungsi Suriah yang tiba di Turki, apakah mereka warga sipil atau militer," kata diplomat itu.

Di Washington, pejabat Departemen Luar Negeri AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan, total 1.280 orang Suriah telah melarikan diri ke Turki semalam, termasuk jenderal dan lainnya.

"Jelas rezim itu panik pada saat ini," tambah pejabat Amerika Serikat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com