Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Sentuh Level Tertinggi 7 Pekan

Kompas.com - 18/07/2012, 07:21 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak mentah menyentuh posisi tertinggi dalam tujuh minggu seiring adanya spekulasi bahwa persediaan minyak mentah turun, dan adanya laporan bahwa produksi industri naik pada bulan Juni di Amerika Serikat (AS).

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Agustus naik 79 sen, atau 0,9 persen, menjadi 89,22 dollar AS per barrel, di New York Mercantile Exchange, Selasa waktu setempat atau Rabu (18/7/2012) pagi. Ini harga penetapan tertinggi sejak 29 Mei 2012.

Harga minyak Brent untuk penetapan September naik 63 sen, atau 0,6 persen, menjadi 104 dollar AS per barrel, di ICE Futures Europe Exchange, London.

Menurut survei Bloomberg, persediaan minyak mentah AS pada minggu lalu mungkin akan turun 1,3 juta barrel. Dan, harga hanya berubah sedikit karenam menurut American Petroleum Institute, persediaan minyak turun 2,01 juta barrel menjadi 379,9 juta barrel pada minggu lalu. Di sisi lain, ada kenaikan produksi dari sektor industri sebanyak 0,4 persen.

"Data ekonomi cukup bagus dan itu menggambarkan sebuah gambar yang bagus bagi permintaan minyak," sebut Phil Flynn, Analis Pasar Senior Price Futures Group, di Chicago.

Sebelumnya, harga minyak sempat jatuh karena Gubernur Bank Sentral AS, Ben S Bernanke, menahan diri untuk menjanjikan kebijakan stimulus moneter yang baru. Lalu, harga minyak pun kembali naik seiring pernyataan Bernanke bahwa bank sentral siap beraksi mendorong pertumbuhan ekonomi bila pasar tenaga kerja tidak berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com