Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tolak Rencana Pusat Bisnis Baru di Media Spree

Kompas.com - 15/07/2012, 08:46 WIB
Irma Tambunan

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com -- Lebih dari 500 warga di kawasan Media Spree, Berlin, Jerman, berunjuk rasa, Sabtu (14/7/2012). Mereka menyatakan menolak rencana pemerintah membangun kawasan bisnis baru di sekitar hunian penduduk. Pembangunan tersebut akan menggusur kawasan hijau sekaligus ruang publik bagi masyarakat setempat.

Aksi kelima kalinya ini berlangsung sejak pukul 15.00. Massa berjalan sepanjang hampir 5 kilometer menuju kawasan Media Spree. Sejumlah pengunjuk rasa memasang spanduk yang menyatakan penoakan terhadap rencana pembangunan pusat bisnis di kawasan tersebut, antara lain untuk apartemen, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Masyarakat juga menuntut agar pemerintah menyelamatkan ruang publik dan ruang hijau yang masih tersisa di pusat Kota Berlin.

"Kami ingin melihat pemandangan alam Sungai Spree dan taman di sekitarnya secara bebas dari tempat tinggal kami tanpa tertutupi oleh gedung-gedung bertingkat baru," ungkap Henry, salah seorang pengunjuk rasa yang juga membawa anaknya, Max (5) dalam aksi tersebut.

Tanja, warga lainnya, meminta pemerintah menyelamatkan ruang hijau tersisa, bukan menggusur ruang publik dengan pusat bisnis. "Kami menuntut penyelamatan ruang hijau Media Spree," ujar Tanja.

Kawasan Media Spree berada di wilayah timur Berlin. Kawasan yang sebagian besar telah dipadati apartemen dan perkantoran bertingkat ini merupakan lokasi yang nyaman untuk hunian. Pada sebagian tepi Sungai Spree, masih tersisa ruang hijau yang berdekatan dengan tempat tinggal warga. Di ruang terbuka inilah, setiap sore para orangtua membawa anaknya bermain dan berolahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com