Kompas.com - 15/07/2012, 08:31 WIB
EditorKistyarini

Polisi moral di Arab Saudi kembali disorot setelah dalam insiden terbaru mereka dituduh menyebabkan kematian seorang warga di Provinsi Baha, di Saudi barat daya.

Wartawan masalah Timur Tengah BBC, Sebastian Usher, mengatakan kematian warga bernama Abdulrahman al Ghamdi ini terjadi sekitar sebulan lalu dan sepertinya dipicu dari cek-cok soal lagu.

Sejumlah laporan menyebutkan al Ghamdi dan keluarganya duduk di mobil bersama keluarganya di taman di kota Baljurashi sambil mendengarkan lagu anak-anak.

Kemudian datang rombongan polisi moral yang mengatakan bahwa lagu yang sedang diputar terlalu keras.

Salah satu tugas polisi moral atau polisi agama ini adalah menegur warga yang dianggap melanggar atau tidak sesuai dengan norma atau hukum Islam. Teguran ini mungkin tidak diterima oleh al Ghamdi, kata wartawan BBC.

Investigasi terbuka

Al Ghamdi kemudian meninggalkan taman namun dikejar oleh sejumlah polisi moral. Kejar-kejaran berlangsung selama beberapa kilometer dan ketika mencapai satu jalan layang, yang pengerjaannya belum selesai, al Ghamdi tidak bisa mengusai mobil dan jatuh ke bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Foto kecelakaan menunjukkan atap mobil terlepas. Al Ghamdi meninggal dalam kecelakaan ini sementara istri dan dua anaknya luka-luka dan sampai hari Sabtu (14/7/2012) masih dirawat di rumah sakit.

Emir Baha dilaporkan marah dengan tindakan polisi moral. Sejumlah polisi moral yang terlibat kasus ini telah ditahan dan menjalani pemeriksaan.

Para pendukung polisi moral mengatakan anggota polisi moral tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena al Ghamdi menerobos pos pemeriksaan.

Keluarga al Ghamdi menuntut penyelidikan terbuka di bawah pimpinan langsung emir Baha. Satuan polisi moral di Baha kini dipimpin pejabat baru dan ia mengatakan akan mencoba mengendalikan anak buahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X