Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Wartawan Belanda Sudah Pulang

Kompas.com - 14/07/2012, 16:13 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com- Dua wartawan asing beserta dua talent asal Belanda yang sempat diinterogasi oleh penyidik Polres Bogor, Jawa Barat, atas kasus bentrokan warga Ahmadiyah di Cisalada, Kecamatan Ciampea, sudah diizinkan pulang.

"Waktu kejadian di Cisalada, kami diantar polisi harus keluar saat massa masuk (ke kampung Cisalada). Kami diantar polisi ke hotel lalu diajak ke Polres Bogor. Di sana kami diinterogasi," tutur Michel Maas, koresponden de Volkskrant dan NOS untuk Indonesia, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu (14/7/2012).

Michel Maas, termasuk empat warga Belanda yang diamankan polisi. Selain itu, ada kamerawan Timothy, serta dua talent dari Belanda, Marolent dan Patrick. Menurut Maas, mereka datang ke perkampungan Ahmadiyah untuk shooting program dokumenter bertajuk "perbedaan budaya dan agama di seluruh dunia".

"Dalam program itu, kami ingin melihat keseharian warga Ahmadiyah. Ada juga orang Belanda yang beragama Islam ikut dalam program," tuturnya.

Menurut dia, pengambilan gambar itu berlangsung tiga hari, tetapi ternyata hanya sempat berjalan 30 menit sebelum massa menyerbu kampung Ahmadiyah. Dia mengaku sudah sempat mengurus izin ke perangkat desa dan pemerintah setempat.

"Kami di Polres Bogor diinterogasi 8 jam hingga sekitar pukul 00.00. Ditanya paspor, visa, dan izin kerja. Polisi bilang kami tidak ditahan, tetapi juga tidak boleh pergi," tutur Maas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com