Kompas.com - 14/07/2012, 16:13 WIB
Penulis Antony Lee
|
EditorMarcus Suprihadi

BOGOR, KOMPAS.com- Dua wartawan asing beserta dua talent asal Belanda yang sempat diinterogasi oleh penyidik Polres Bogor, Jawa Barat, atas kasus bentrokan warga Ahmadiyah di Cisalada, Kecamatan Ciampea, sudah diizinkan pulang.

"Waktu kejadian di Cisalada, kami diantar polisi harus keluar saat massa masuk (ke kampung Cisalada). Kami diantar polisi ke hotel lalu diajak ke Polres Bogor. Di sana kami diinterogasi," tutur Michel Maas, koresponden de Volkskrant dan NOS untuk Indonesia, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu (14/7/2012).

Michel Maas, termasuk empat warga Belanda yang diamankan polisi. Selain itu, ada kamerawan Timothy, serta dua talent dari Belanda, Marolent dan Patrick. Menurut Maas, mereka datang ke perkampungan Ahmadiyah untuk shooting program dokumenter bertajuk "perbedaan budaya dan agama di seluruh dunia".

"Dalam program itu, kami ingin melihat keseharian warga Ahmadiyah. Ada juga orang Belanda yang beragama Islam ikut dalam program," tuturnya.

Menurut dia, pengambilan gambar itu berlangsung tiga hari, tetapi ternyata hanya sempat berjalan 30 menit sebelum massa menyerbu kampung Ahmadiyah. Dia mengaku sudah sempat mengurus izin ke perangkat desa dan pemerintah setempat.

"Kami di Polres Bogor diinterogasi 8 jam hingga sekitar pukul 00.00. Ditanya paspor, visa, dan izin kerja. Polisi bilang kami tidak ditahan, tetapi juga tidak boleh pergi," tutur Maas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.