Kompas.com - 12/07/2012, 09:30 WIB
EditorKistyarini

Pemakaman kembali lebih dari 500 jenazah korban pembantaian Srebrenica yang berhasil diidentifikasi berlangsung pada Rabu 11 Juli 2012.

Sebagian besar dari jenazah tersebut digali dari kuburan massal yang tidak diidentifikasi di daerah terpencil dan dimakamkan di pemakaman yang dekat dengan tempat mereka dibunuh.

Selama beberapa tahun belakangan, sekitar 5.000 jenazah sudah dimakamkan secara tetap di Srebrenica, Bosnia timur.

Upacara pemakaman ini berlangsung bersamaan dengan peringatan 17 tahun pembunuhan massal Srebrenica, dengan korban diperkirakan mencapai 7.000 pria dan anak laki-laki Islam.

Sefika Menakic, yang kehilangan putra dan suaminya dalam pembunuhan massal oleh militan Serbia, ikut hadir dalam pemakaman yang berlangsung sederhana, tetapi emosional.

"Mereka mengatakan di ruang jenazah di Tuzla ditemukan kerangka tubuh, yang satu utuh dan yang satu lagi dengan kaki yang sudah tidak utuh," tuturnya kepada kantor berita Reuters.

Sementara Nezira Basic, yang kehilangan hampir semua saudara prianya dan ayahnya, tidak mampu berdiri terus di atas kedua kakinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saudara saya sudah pergi, Jusuf, sinar matahari saya," katanya sebelum terjatuh ke tanah sambil meneruskan isaknya, "Kenapa, kenapa saya tidak mati."

Masih banyak

Sekitar 30.000 orang di berbagai belahan dunia, termasuk di Bosnia, ikut merayakan salah satu tragedi kemanusiaan terburuk sejak Perang Dunia II tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X