Kompas.com - 10/07/2012, 15:23 WIB
EditorKistyarini

COTABATO CITY, KOMPAS.com - Kelompok gerilyawan Muslim terbesar di Filipina telah berhasil mendapat dukungan  lebih dari 550.000 peserta dalam sebuah kongres empat hari di Provinsi Maguindanao mengenai posisinya untuk pembentukan negara bagian, kata pemimpin kelompok itu, Senin (9/7/2012).

Ketua Front Pembebasan Islam Moro (MILF) Al Haj Murad Ebrahim, dalam konferensi pers di Kamp Darapanan, kota Sultan Kudarat, mengatakan bahwa posisi MILF di saat perundingan dengan pemerintah Filipina adalah "sangat jelas dan tidak ambigu."

"Kami mencari pemerintahan sendiri untuk rakyat kita dalam pengaturan negara bagian yang asimetris, di mana kekuasaan pemerintah dibagi antara pemerintah pusat dan negara bagian atau pemerintah negara bagian dan setiap tingkatan pemerintahan memiliki kedaulatan di beberapa daerah, dan berbagai kekuatan dengan daerah lainnya.

Status entitas komponen pemerintahan sendiri akan bercokol secara konstitusional dan tidak akan diubah oleh keputusan sepihak dari pemerintah pusat," katanya.

Dia menegaskan kebutuhan untuk membentuk satu bentuk politik baru, untuk menggantikan yang sudah ada bagi rakyat Bangsamoro untuk mencapai perdamaian dan pembangunan.

Murad mengatakan dalam pembicaraan formal mendatang yang akan diadakan pada 16-18 Juli, MILF dan panel perdamaian pemerintah diharapkan akan melanjutkan pembahasan-pembahasan antara lain mengenai masalah-masalah pembagian kekuasaan, pembagian kekayaan dan cakupan wilayah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.