Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Misterius di Samping Kim Jong Un

Kompas.com - 10/07/2012, 08:36 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Seorang perempuan misterius tampil di samping pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Tidak ada penjelasan tentang sosok perempuan cantik itu dari media pemerintah Pyongyang sehingga memunculkan spekulasi bahwa perempuan itu istri atau saudara perempuan Kim.

Televisi Pemerintah Korut, Minggu (8/7/2012), menunjukkan seorang perempuan cantik dengan penampilan elegan yang mengenakan setelan hitam berdiri di samping Kim dalam upacara peringatan 18 tahun kematian kakeknya, pendiri Korut, Kim Il Sung.

Dia diyakini juga sebagai perempuan yang duduk di samping Kim pada sebuah konser. Televisi Korut KRT menunjukkan dia berjalan di belakang Kim menuju ruang konser.

Surat kabar Korut, Rodong Shimbun, Senin (9/7/2012), memasang fotonya bersama Kim tanpa memberi penjelasan tentang identitasnya. Fotonya juga menghias halaman depan berbagai media cetak Korea Selatan.

Sedikit sekali informasi personal tentang Kim Jong Un. Bahkan, usianya pun tidak pernah diumumkan. Menurut analis Korut di Institut Sejong Korea Selatan, Cheong Seong-chang, Kim memiliki adik perempuan bernama Kim Yo Jong, yang dilahirkan pada 1987.

Pejabat Korut menolak berkomentar tentang status pernikahan Kim Jong Un. Status itu tidak dicantumkan dalam biografi sang pemimpin muda.

Sejak menggantikan kepemimpinan Korut dari mendiang ayahnya, Kim Jong Il, pada Desember lalu, Kim secara teratur menghadiri acara-acara resmi kenegaraan. Namun, dia lebih sering terlihat bersama para pejabat tinggi negara, rakyat biasa, atau tentara saat meninjau pabrik, taman, atau markas-markas militer.

Selama ini hanya satu perempuan yang sering tampil bersamanya, yakni adik ayahnya, Kim Kyong Hui, yang menikah dengan Jang Song Thaek. Keduanya ada figur kuat di pemerintahan dan penasihat utamanya. Kim Kyong Hui juga sering mendampingi Kim Jong Il dalam acara-acara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com