Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamp Militer Pakistan Diserang, 7 Personel Tewas

Kompas.com - 09/07/2012, 15:04 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sejumlah pria bersenjata menembaki satu kamp militer di dekat Islamabad, Senin (9/7/2012), menewaskan tujuh personel keamanan dan melukai lima orang lainnya, kata pihak militer.

Kamp militer itu diserang dari sebuah jembatan yang di atas Sungai Chenab, dekat kota industri Wazirabad. Beberapa jam sebelumnya, ribuan orang dari Dewan Pertahanan Pakistan, sebuah koalisi garis keras dan sayap kanan, melintasi jembatan itu dalam sebuah "long march" dari Lahore ke Islamabad untuk memprotes pembukaan kembali jalur suplai NATO ke Afganistan.

Pakistan sedang berjuang melawan pemberontakan kelompok militan di wilayah suku barat laut. Namun, serangan Senin terjadi di Provinsi Punjab yang makmur dan biasanya damai itu tidak biasa.

"Sedikitnya tujuh personel keamanan, termasuk seorang perwira polisi meninggal dan lima lainnya luka-luka akibat penembakan oleh para penyerang tak dikenal di dekat Wazirabad," kata pihak militer dalam satu pernyataan.

Kamp yang diserang itu didirikan untuk mencari jenazah pilot yang hilang di Chenab dalam kecelakaan helikopter Mei lalu.

"Jumlah pasti penyerang tidak diketahui, tetapi mereka datang dengan sepeda motor dan memberondongkan peluru pada pasukan dari jembatan," kata seorang pejabat senior keamanan yang tak bersedia disebut namanya kepada AFP.

"Sangat mungkin bahwa para penyerang adalah anggota organisasi keagamaan terlarang, yang memiliki hubungan erat dengan Taliban."

Pejabat itu menambahkan, "Sejauh ini memang tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab, tetapi jika kita mengikuti pola serangan, terlihat mirip dengan serangan-serangan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok ini di berbagai kota."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com